Ini dia Trik Hemat Biaya Hidup Perbulan Di Jepang Terbaru Untuk Mahasiswa


Ini dia trik hemat biaya hidup perbulan di jepang untuk mahasiswa, Hay apa kabar semuanya, pada kesempatan kali ini saya pingin nulis tentang keperluan apa saja yang perlu dan penting disiapkan bagi kalian yang mau berkuliah keluar negeri, khusus nya bagi yang mau berkuliah ke jepang, Pas pertama kali datang ke Jepang biaya yang dikeluarkan sangat besar, karena begitu banyak keperluan yang harus di urus, mulai dari nyari tempat tinggal, peralatan masak, hanger, alat alat makan, saya belum pernah sih berkuliah di Jepang namun saya sering baca baca blog, chanel youtube yang membahas biaya hidup mahasswa selama di Jepang, saya bakalan rangkumin untuk kalian ya. Baiklah langsung saja kita mulai

  • Biaya hidup di jepang untuk mahasiswa

Ketika kalian membutuhkan biaya tips yang dapat di ambil adalah mendapatkan beasiswa, walaupun tidak full tapi alangkah baiknya full funded jangan lupa sebelum berangkat pastiikan beasiswa yang di apply sudah jelas ya sobat. Pengalaman kakak tingkat saya yang lebih dahulu kuliah ke Jepang dia mendapatkan beasiswa untuk keperluan selama berkuliah di jepang sebesar 80.000 yen per bulan.

Bagi yang lebih suka tempat tinggal yang sendirian, ada apartemen yang bisa di sewa dengan biaya cukup murah 25.000 yen, tapi itu belum termasuk listrik, air, dan internet. Kelebihannya nyewa apartemen adalah cocok bagi yang sudah menikah dapat membawa pasangannya.

Tagihan listrik dan air sebulannya sekitar 5-9 ribu yen tergantung pemakaian disaat musim ya, misal kalau lagi musim dingin tentunya saat di dalam ruangan kita butuh penghangat jadi pemanas ruangannya akan sering hidup nah ini berpengaruh lurus dengan biaya tagihan yang membengkak, tenang saja ini masih bisa di akali dengan cara sering silaturahmi keluar rumah yang bermanfaat.

Untuk Kebutuhan internet tarif perbulannya 3000 yen itu udah unlimited

Untuk Biaya makan ini adalah bagian yang gampang-gampang susah ya karena tiap orang beda beda porsi makannya, oke di ambil rata-rata aja ya itu sekitar 5-8 ribu yen per bulan, kalau mau nambah snack enggak segitu jumlahnya mungkin sekitar 10-12 ribu yen, untuk menghemat pengeluaran kalian dapat membeli bahan mentah dan memasaknya sendiri, membawa bekal ketika di kampus jadi dapat menghemat belanja enggak perlu malu, yah cuek ajalah kayak di Indonesia sering juga kan bawa bekal hehe.

Bagi kalian yang enggak betah bawa bekal, makan di kantin bisa lebih besar lagi pengeluarannya sekitar 200-500 yen sekali makan ( tergantung menu yang di pilih), jadi berapa biaya untuk makan perbulannya bagi yang suka makan dikantin ? bisa di kalkulasikan sendiri ya, sob

  • Transportasi menuju Jepang

Khusus kalian yang tidak ditanggung biaya perjalanan menuju Jepang, sebaiknya sih saran dari saya mencoba untuk cari tiket promo jauh jauh hari sebelum berangkat, lumayan loh untuk menghemat. Caranya sesering mungkin ngecek di web maskapai atau di aplikasi pembelian tiket juga bisa, nah pas ketemu maskapai yang cocok langsung aja booking. Tapi jangan lupa untuk pastikan tanggal keberangkatan dan jadwal tiket promo kapan waktu kadaluarsanya, biasanya siih tiket promo yang sudah di beli tidak bisa di batalkan konsekuensinya tidak bisa digunakan, sayang banget kan

  • Selalu Update kurs rupiah dan Yen

Update kurs penukaran cukup membantu disaat kita mau belanja makanan untuk masak, bayar ini bayar itu, misalnya kurs rupiah terhadap yen sedang rendah kalau kita paksa untuk belanja maka bakalan banyak rupiah yang kita pakai, selisihnya bisa sampai jutaan loh, karena nya update info nilai tukar sangat membantu kamu waspada pengeleuaran ketika di luar negeri, khususnya saat menjadi mahasiswa di Jepang

  • Persiapan awal sesampainya di Jepang

Pas pertama kali sampai setiap negara kan ada Persatuan Pelajar Indonesia (PPI), nah enggak ada salah nya untuk menjalin komunikasi dengan pihak sana beberapa hari sebelum keberangkatan, mereka sangat bisa di andalkan seperti membantu mencarikan tempat kos yang murah, kalian juga dapat menambah teman, hidup sendirian di negara asing itu enggak enak loh, iya kan? Jadi segera menjalin silaturahmi dengan Persatuan Pelajar di sana bisa jadi pilihan yang tepat. Misalnya mereka dapat membantu memilihkan asrama di kampus yang harga sewanya relati lebih murah, kelebihan asrama adalah banyak kegiatan yang menarik, sering makan gratis, bisa kenalan dengan tetang dari berbagai negara, beberapa fasilitas udah tersedia seperti mesin cuci, kompor, kulkas, kasur, lemari, jadi kita tidak perlu repot.

Kurang lebih itulah hal-hal biaya yang harus di keluarkan kan ketika kuliah di jepang sekitar 80.000-100.000 yen perbulan untuk mahasiswa.

Semangat untuk kalian yang ingin lanjut kuliah ke Jepang, semoga tulisan ini bermanfaat

Have any Question or Comment?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *